Tuesday, September 25, 2012

Pengalaman Pertama : Naik Pesawat Ke Tolitoli


Bicara tentang mengunjungi kota yang terkenal dengan sebutan kota cengkeh ini bukanlah pengalaman yang pertama untukku. Tepatnya ini adalah untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya sekitar satu tahun yang lalu. Tetap dengan tujuan yang sama yaitu monitoring dan evaluasi program READ, yaitu sebuah program pemberdayaan masyarakat miskin di lima kabupaten-Banggai, Buol, Parigi Moutong, Poso, dan Tolitoli-  di Sulawesi Tengah.
Tolitoli adalah salah satu kabupaten yang cukup jauh dari Palu. Membutuhkan waktu sekitar 12 jam dari Palu untuk dapat menjangkau kabupaten ini dengan menggunakan perjalanan darat menyisir pantai barat. Namun jika ditempuh dengan menggunakan perjalanan laut diperlukan waktu sekitar 9 jam. Ya beti-beti lah alias beda-beda tipis dibandingkan dengan menggunakan perjalanan darat. Namun jika ditempuh dengan menggunakan perjalanan udara hanya diperlukan waktu sekitar 55 menit saja. Dan inilah pengalaman pertama bagiku, menuju Tolitoli dalam 55 menit dari Palu.
Alhamdulillah atas izin Allah, finally dapat naik pesawat dari Palu ke Tolitoli. Jakarta-Palu naik pesawat Lion Air jam 5 pagi. Oia yang namanya naik  pesawat jam 5 berangkatnya harus mruput alias pagi-pagi sekali. Kemudian tiba di Palu tepat jam 08.35. Kamipun segera menuju loket penjualan tiket Merpati Airlines. Tidak pakai menunggu bagasi ya, karena kalau harus menunggu bagasi akan memakan waktu lama. Sedangkan info yang sudah kami dapatkan  Merpati akan terbang menuju Tolitoli jam 09.15. Jadi hanya punya waktu beberapa menit saja. Sesampainya di loket kami langsung pesan tiket menuju Tolitoli, dan alhamdulillah dapat. Tanpa booking sebelumnya. Memang sengaja karena khawatir pesawat kami dari Jakarta tidak tepat waktu tiba di Palu. Benar-benar Allah Maha Mengatur dan Maha Tahu apa yang terbaik bagi kami. Empat tiket Palu-Tolitoli terpegang juga akhirnya. Hmm...Palu-Tolitoli tak lagi terasa jauh :D Cukup dengan 55 menit saja. Jam 10.20 pesawat yang kami tumpangi mendarat di Bandara Sultan Bantilan, alhamdulillah..
Oia bagaimana baliknya? Tidak perlu khawatir, pesawat terbang dari Tolitoli ke Palu ada setiap hari, mulai Senin-Jumat. Untuk Sabtu-Ahad libur yaaa.Hehehe...Kayak orang ngantor aja. Untuk baliknya kemaren kami naik pesawat Express Air. Karena memang untuk hari Senin, Rabu dan Jumat jadwalnya Express Air. Sedangkan Selasa dan Kamis jadwalnya Merpati. Harga tiket untuk Express Air sama untuk semua kursi, yaitu Rp 460.000,-/orang. Let’s go to Tolitoli :D

1 comments:

  1. .ahahahaha lumayan perjalananya....
    salam balik dari sy orang tolitoli

    ReplyDelete